Cinta Dari (Mantan) Tetangga

Cinta Dari  (Mantan) Tetangga
Ada kalanya kita tidak tahu pada muara mana kita berlabuh. Seperti terbawa air mengalir yang kemudian 

bergerak dari satu tempat ke lainnya. Tanpa kita rencanakan, bahkan inginkan. Dan, saat tak bisa menolak dari arus itu, ataupun jika menolak itu artinya ada konsekuensi yang besar bagi kehidupan, maka jalan terbaik adalah terbawa, sedih dan ikhlas untuk bergerak dari tempat yang di sana tertemukan makna kebersamaan.

Sebagai "kaki" dari sebuah perusahaan tugas karyawan adalah melaksanakan perintah atasan. Apalagi mutasi itu adalah kewajiban dan mungkin itu adalah doa orang tua yang terkabulkan. Artinya, jika kami mengikuti mutasi tersebut, maka kembali ke kampung halaman suami dan dekat dengan keluarga adalah keniscayaan. Karena si Penguasa Semen ini sebentar lagi juga akan bermigrasi. Kita berpikir, kalau tidak sekarang berpindah, kapan lagi?, jikalau bukan kita yang dekat dengan orang tua,siapa lagi?.

Namun ketika hari "boyong" itu tiba, kesedihan yang sangat bukan akan dekat dengan mertua, namun pada meninggalkan tetangga kami yang begitu baiknya di kota sebelumnya. Bahkan, ketika kami pamit, ada suara serak yang tertahan dan butiran bening di sudut mata mereka. Serta doa panjang buat kebahagian kami di mana kami berada nantinya. Tersentuh pada dasar hatiku. Perhatian mereka pada kami selama ini, yang bukan siapa- siapa bagi mereka, yang tiba- tiba hadir di kampung itu, begitu tulus kami rasakan. Ada kehilangan sangat bagi mereka yang telah menganggap bahwa kami adalah bagian dari mereka.

Tentang perpisaan ini, membawa saya pada kebaikan mereka yang tak bisa terbahasakan semua. Sebagaimana ketika saya sakit dahulu. Dengan bergantian para tetangga menjenguk. Padahal sakit pun tak parah, saya pun sampai malu telah merepotkan mereka, namun itulah bentuk perhatian. Dan, setiap ada acara kampung, mereka dengan "spesial" datang mengundang kami, yang terlalu sibuk dengan pekerjaan sehingga kadang kurang tanggap dengan kegiataan. Begitupun jika ada hari khusus yang biasanya mereka membuat makanan khusus, dengan setia menghampirkan pada kami. Serta, saat harus memasak, tawaran garam, cabai, atau apalah yang mereka punya di berikan semua untuk bisa saya gunakan dengan cuma-cuma. Itu hanya secuil kisah kebaikan tetangga ku, masih banyak bahkan lebih hebat dari itu.

Saya sering membayangkan tentang desa kecil Edensor dengan penuh kedamaian. Menganggapnya hanya utopia dalam cerita. Namun, saya telah salah menafsirkannya. Edensor memang benar adanya dan aku menjadi bagian di dalamnya. Bukan di lereng bukit yang landai dengan pohon cemara- cemara yang mengelilinginya, namun di tengah hutan beton dan rimba pabrik Edensor itu ku temukan, di kampung itu.  

Dan, saya menjadi sangat kehilangan. Bagaimanapun, perpisahan apalagi dengan (mantan) tetangga ku itu telah membuatku menangis.  
All about Love Ini Cerita Ku Jejak Ku Keluarga suka-suka

10 Komentar untuk "Cinta Dari (Mantan) Tetangga"

  1. Wah berarti mbak Anis baru pindahan ya? Yah memang begitulah mbak, saya juga punya tetangga yang baiknya nggak ketulungan, rumahnya persis di samping kiri rumah bapak saya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Dit, ini barang- barang masih berantakan.
      Kadang, kebaikan tetangga melebihi saudara, maka sabda Rasulullah kita di wajibkan memuliakan tetangga

      Hapus
    2. Iya mbak, saya juga merasa begitu, ada tetangga yang baiknya melebihi sodara... Betul banget mbak, kita harus melebihi tetangga... Tapi ada juga lho mbak tetangga yang ngeselin, hehehehe

      Hapus
    3. saya juga pernah punya pengalaman seperti itu, malah tetangga yang ngeselin seperti musuh dalam selimut. hehehe

      Hapus
  2. saya pernah mendapatkan sebuah nasihat...tetangga adalah keluarga terdekat kita...jadi jangan pernah mengabaikan tetangga..apalagi mantan tetangga....keep happy blogging always...salam dari Makassar :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul pak.
      meski sekarang mereka bukan tetangga kita, namun tali silaturrahim yang telah tersambung jangan sampai terputus

      Hapus
  3. Mbaak, apa kabar?, lama nggak BW, hehe, maaf. semoga selalu dalam keadaan baik.

    Kebayang kedekatan antar tetangga di sana, meski sekalipun jarang ngumpul, tapi rasa memiliki dan kebersamaan warganya bagus sekali. Kalau sudah pindah, mungkin rasa rindu akan kebersamaan itu yang mengusi yah, mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. pantesan lama gak muncul :D

      betul sekali, masa2 bersama dengan tetangga itulah yang kini kadang menajadikan rindu sekali

      Hapus
  4. hadir kembali menyapa sahabat...keep happy blogging always...salam dari Makassar :-)

    BalasHapus
Kebijakan Berkomentar di Blog Aniskhoir.com
  • Komentar harus sesuai dengan judul artikel.
  • Tidak diperbolehkan untuk mempromosikan barang atau berjualan.
  • Dilarang mencantumkan link aktif di komentar.
  • Komentar dengan link aktif akan otomatis dihapus
  • *Berkomentarlah dengan baik, Kepribadian Anda tercemin saat berkomentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel