3 cara menjaga kesehatan pada masa kehamilan

3 cara menjaga kesehatan pada masa kehamilan
Tetap aktif dan makan sehat selama kehamilan tidak selalu menjadi kegiatan dan kebiasaan yang mudah. Kelelahan trimester pertama dan mual di pagi hari, dan beberapa kendala lain yangmemang dialami oleh ibu hamil seperti sakit punggung membuatnya sulit untuk berolahraga dan mengkonsumsi makanan secara teratur dan sehat. Namun diketahui bahwa menjaga kebiasaan kehamilan yang sehat memiliki banyak manfaat. Ini dapat membantu dalam proses persalinan menjadi lebih mudah, membantu kalian menurunkan berat badan pascapersalinan lebih cepat, dan memberi kalian lebih banyak energi poada masa kehamilan kalian. Makan sehat dan berolahraga juga baik untuk bayi kalian. Sebuah penelitian baru bahkan menemukan bahwa kenaikan berat badan selama kehamilan dapat berdampak pada kesehatan jantung anak di kemudian hari. Tetapi mengetahui fakta-fakta ini tidak membuat kesehatan menjadi lebih mudah. Untuk melakukan kegiatan tersebut kalian tidak boleh ragu, tetap sehat selama kehamilan membutuhkan disiplin ekstra. Tetapi ada taktik yang saya temukan bermanfaat untuk memotivasi kalian makan dengan baik dan berolahraga selama masa kehamilan 

Inilah cara menjaga kesehatan pada masa kehamilan

Jaga pola makan kalian

Ya, ngidam pada saat kehamilan itu nyata. Selama paruh pertama kehamilan beberapa dari kalian pasti merasa rindu burger keju yang lumer, fast food dan makan-makanan lain yang memang kurang sehat. Memakan-makanan tersebut boleh saja tetapi jangan terlalu sering dan pastikan kalian memenuhi kebutuhan protein, lemak dan zat besi yang cukup. Usahakan tidak memakan fast food karena dikhawatirkan akan memberikan efek jangka panjang untuk kalian dan si bayi. Untuk mensiasati keinginan kalian, kalian bisa menyiapkan makanan berprotein tinggi, termasuk resep dengan ayam, ikan, dan kacang-kacangan. Kalian bisa membuat burger keju sendiri dirumah yang pastinya akan lebih aman dan juga sehat. Makanan sehatr yang dibuat senbdiri dirumah ini akan mengurangi hasrat kalian dan akan membuat perut kalian kenyang, lidah kalian dimanjakan tetapi tetap sehat. Untuk memastikan kalian dan bayi mendapatkan apa yang kalian butuhkan, pastikan semua yang kalian konsumsi harus mencakup beberapa mineral dan nutrisi yaitu kalsium, zat besi, dan folat.

Jernihkan pikiran agar tidur lebih nyenyak

Terkadang pada masa kehamilan kita sering mengkhawatirkan sesuatu yang tidak beres hingga bertanya-tanya apakah kita akan menjadi orangtua yang baik, kehamilan bisa membuat emosional kita naik turun bagaikan rollercoaster. Selama trimester ketiga biasanya kalian akan mulai merasa mengkhawatirkan segalanya, dan akan mulai kesulitan tidur dikarenakan banyaknya pikiran dan juga posisi-posisi tidur yang serba salah. Kalian perlu mengatasi hal tersebut untuk kesehatan kalian dan si bayi tentunya. Kalian bis amelakukan meditasi selama 10 hingga 15 menit sebelum tidur untuk menenangkan pikiran kalian. Dilain waktu kalian juga membutuhkan saran baik dari suami, keluarga ataupun teman. Ceritakan setiap kekhawatiran yang kalian rasakan.

Buat diri kalian bergerak setiap hari

Walaupun kalian berolahraga secara teratur sebelum hamil, saya kesulitan menemukan energi dan motivasi selama kehamilan. Jadi kalian harus berkomitmen untuk bergerak setidaknya sekali sehari. Itu bisa berupa jalan kaki saat makan siang, berenang pagi hari, atau kalian bisa melakukan peregangan dirumah. Dengan olahraga ringan yang teratur akan membantu masalah kalian yang mengalami kesulitan tidur, dengan berolahraga kalian akan merasakan sendiri dimalam hari nanti kalian akan nyenyak saat tidur. 

Itulah 3 cara menjaga kesehatan yang perlu dilakukan oleh hibu hamil, karena kesehatan seeorang wanita hamil merupakan kesehatan bayinya juga.
Kesehatan

Belum ada Komentar untuk "3 cara menjaga kesehatan pada masa kehamilan"

Posting Komentar

Kebijakan Komentar di Blog Aniskhoir.com
  • Komentar harus sesuai dengan judul artikel.
  • Tidak diperbolehkan untuk mempromosikan barang atau berjualan.
  • Dilarang mencantumkan link aktif di komentar.
  • Komentar dengan link aktif akan dihapus
  • *Berkomentarlah dengan baik, karena Kepribadian Anda tercemin saat berkomentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel