Mengatur Keuangan Diawal Bulan

Mengatur Keuangan Diawal Bulan


Bagi yang berpenghasilan bulanan, tanggal muda ibarat guyuran hujan ditengah kemarau panjang. Perjalanan dalam hari-hari ditanggal tua serasa melambat bagai kura-kura terganti dengan kebahagiaan tak terkira. Namun dengan list kebutuhan yang telah panjang, gaji yang dinanti- nanti tinggallah slip gaji. Jangankan untuk kebutuhan satu bulan, untuk awal bulan pun sudah kekurangan.


Pengalaman dengan dilema gaji diatas sepertinya bukan saja saya yang mengalaminya. Mungkin beberapa pembaca juga tak jauh beda. Jika diurai sumbernya, permasalahnnya adalah bagaimana membuat gaji bulanan yang terbatas bisa mengatur kebutuhan yang tak terbatas. Ketika gajian tentu uang akan banyak berada ditangan. Berbagai keinginan pun ingin diwujudkan. Bukan masalah jika sesekali menurutkan keinginan karena bisa juga dengan keinginan itu menjadi termotivasi untuk bekerja. Yang jadi catatan, jangan sampai keinginan yang bukan bersifat vital akhirnya menjadi sesuatu yang di kudu diwujudkan dan pada akhirnya berimbas pada keuangan .
Untuk itulah setidaknya melakukan hal- hal berikut untuk mengatur keuangan diawal bulan bisa dilakukan :
Membuat daftar kebutuhan. Setelah memperoleh gaji diawal bulan, yang pertama kali dilakukan adalah membuat daftar kebutuhan untuk satu bulan. Dengan membuat daftar kebutuhan, ada acuan kemana saja uang akan dibelanjakan. Selain itu tak menjadikan mudah tergda dengan aneka keinginan lainnya karena telah memiliki daftar belanja bulanan.
Membagi uang gajian berdasarkan pos kebutuhan. Sejak sekolah dasar sudah diberikan pelajaran tentang 3 kebutuhan manusia yaitu kebutuhan pokok (primer) sekunder, dan tersier (barang merah). Tak berbeda jauh dengan prakternya ketika menerima gaji yang pertama dilakukan adalah memenuhi pos kebutuhan pokok seperti biaya makan, bensin, uang kos dll. Untuk selanjutnya jangan lupa pos tanggungan harus terlebih dahulu diselesaikan misalnya membayar utang, kredit kendaraan, atau Kredit Pembelian Rumah (KPR)
Menyisihkan uang untuk tabungan. Kebanyakan orang akan menabung setelah ada sisa uang belanjanya. Padahal sebenarnya prinsip menabung adalah dilakukan diawal bulan dan dengan jumlah tertentu yang dilakukan setiap bulannya.
Menunda sementara yang bersifat keinginan. Menginginkan sesuatu adalah suatu yang wajar apalagi ketika ada uang ditangan. Namun yang perlu diingat, agar pendapatan kita sampai satu bulan biasanya saya akan mengakhirkan sesuatu yang bersifat keinginan. Misalnya akan melaksanak wisata diakhir bulan jika ada uang sisa dari gaji bulanan yang diterima diawal bulan.
Tentu setiap orang punya cara sendiri bagaimana mengatur keuangan diawal bulan. Ada yang berhasil sampai akhir  bulan tanpa harus berutang namun ada juga yang gagal. Pada prinsipnya besaran pengasilan seseorang bukan penentu bisa tercukupi kebutuhannya atau tidak. Yang menentukannya justru bagaimana  cara mengatur keuangan serta gaya hidup yang dianutnya sesuai tidak dengan besaran penghasilannya.
ODOP ODOP Blogger Muslimah

2 Komentar untuk "Mengatur Keuangan Diawal Bulan"

  1. Jujur, sulit memang mengatur keuangan di awal bulan. :( Padahal kalau bisa bijak, tentunya nggak akan kesulitan kalau masuk tanggal tua.

    BalasHapus
  2. Membuat daftar kebutuhan memang cara yang paling jitu deh. :D

    BalasHapus
Kebijakan Berkomentar di Blog Aniskhoir.com
  • Komentar harus sesuai dengan judul artikel.
  • Tidak diperbolehkan untuk mempromosikan barang atau berjualan.
  • Dilarang mencantumkan link aktif di komentar.
  • Komentar dengan link aktif akan otomatis dihapus
  • *Berkomentarlah dengan baik, Kepribadian Anda tercemin saat berkomentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel