Saat Yang Tepat Masuk Sekolah Dasar Ala Lemaripojok

Saat Yang Tepat Masuk Sekolah Dasar Ala Lemaripojok


Beberapa hari lalu saya bertemu teman suami beserta keluarganya. Selayaknya teman yang lama tak bersua, maka berbagai topik menarik pun jadi bahan pembicaraan. Tak terkecuali aktivitas keseharian anak- anak kami. Kebetulan anak teman suami telah masuk ke bangku Taman Kanak- Kanak dengan usia yang masih empat tahunan. Sejujurnya sempat kaget juga kalau sang anak telah sekolah. Bayangan saya selama ini masuk sekolah TK pada usia 5 tahun dan di usia 7 tahun anak siap berada di Sekolah dasar. Saya juga sangat setuju dengan pendapat Mbak Retno Tentang saat yang tepat masuk sekolah dasar.


Sebenarnya dari pihak pemerintah telah mensyaratkan usia masuk sekolah dasar adalah 7 tahun. Dalam usia tersebut anak di nilai telah mampu lebih mandiri dalam menjalankan aktifitasnya di sekolah. Faktanya, banyak ditemui masih banyak yang masuk sekolah dasar sebelum 7 tahun. Berdasarkan pengalaman mbak Retno serta survey kecil- kecilan yang dilakukannya menunjukkan bahwa anak yang masuk SD kurang dari tujuh tahun memang cemerlang di tahun- tahun awal sekolah. Namun berjalannya dengan waktu, empat tahun selanjutnya akan mengalami kejenuhan dengan ditandainya malas pergi ke sekolah, malas belajar, malas mengerjakan PR dan lainnya. Dan saya juga pernah dapat kesimpulan dari teman- teman yang berkecimpung di dunia pendidikan bahwa anak yang telah matang usianya (lebih 7 tahun) ketika memasuki sekolah dasar maka dalam mengikuti kegiatan di sekolah sangat mudah. Ibaratnya anak di ajak lari mengejar ketertinggalan pun mampu tanpa kendala walaupun awal masuk dia banyak yang tak bisa. Berbeda dengan usia yang terlalu dini ketika masuk sekolah.

Dalam hal konsentrasi serta emosi anak akan menunjukkan perbedaan yang sangat signifikan.
Bukan masalah emosi saja yang dihadapi anak- anak yang terlalu dini usianya masuk ke Sekolah dasar. Menurut Mbak Retno, Lingkungan baru dengan beragam usia dibutuhkan anak yang berani untuk bergaul dengan lingkungan barunya. Jika di Taman Kanak – kanak anak hanya bertemu dengan teman yang usianya hanya sekitarnya, namun di sekolah dasar anak akan bertemu dengan anak usia yang lebih beragam yaitu dari usia 7 tahun sampai 12 tahun. Dari kelas 1  sampai kelas enam sekolah dasar.

Dari tadi saya berbicara tentang Mbak Retno. Sangat perlu kita kenal Mom Blogger cantik satu ini. Mbak Retno Kusuma Wardhani atau yang biasa dipanggil Mbak Retno ini tinggal d kota Malang. Lulusan dari Jurusan pemanfaatan Sumber daya perikanan Universitas Brawijaya ini memutuskan menjadi ibu rumah tangga sepenuhnya setelah 3 putra-putrinya hadir dan lahir berurutan dalam tiga tahun. Kesibukan menjadi ibu rumah tangga tak menghalanginya untuk tetap menulis juga membuat aneka kue yang resepnya banyak ditemui di blognya. Bahkan baru- baru ini Mbak Retno terpilih menjadi Mom Ambasador sebuah susu formula.

Penasaran dengan mbak Retno serta tulisannya tentang parenting, baking, wisata serta curhatnya, yuk langsung datang ke blognya.

Profile

6 Komentar untuk "Saat Yang Tepat Masuk Sekolah Dasar Ala Lemaripojok"

  1. Wah catet dulu ini... Buat bekal kalau udah punya anak nanti hehehe... :D Lama nggak mampir ke blog ini hihihih... Kisah Foto memang mati suri dulu mbak, baru aktif akhir 2016 kemarin hehehe :D

    BalasHapus
  2. Aku juga suka agak gimana gitu kalau liat anak kecil yang harusnya masih bebas main-main udah sekolah. Apalagi TK sekarang mah udah mulai belajar kan yah, beda kaya dulu, TK tempat interaksi sama main-main :D

    BalasHapus
  3. Saya rasa selama ini saya ketemu dengan ibu-ibu keren yang produktif ngeblog. Dan saya pengin bisa produktif ngeblog juga kayak kak anis dan mbak retno. Supaya nanti kalau jadi ibu bisa pintar. Semoga senantiasa konsisten ngeblognya di tahun 2017 ini ya, kak. :)

    BalasHapus
  4. Sebaiknya anak mulai sekolah sesuai syarat yang ditetapkan oleh sekolah.
    Terlalu dini juga kasihan, untung sekarang ada PAUD dan TK.
    Terima kasih pencerahannya
    Salam hangat dari Jombang, Jawa Timur

    BalasHapus
  5. Saya dulu sekolahnya tanpa TK, gara-gara gak ada yang nungguin selama sekolah. Jadinya di masukkan ke SD karena sudah ada kakak2 yang bersekolah jd tak perlu di tunggui secara khusus.

    Tapi memang usia yang tepat utk masuk sekolah sangat penting utk diperhatikan dan dilaksanakan agar anak sekolah dengan nyaman dan enjoy karena sudah sesuai mental utk memasuki dunia sekolah.

    BalasHapus
  6. Kalau saya termasuk yang beruntung karena dianugerahi orang tua guru yang benar-benar menerapkan ilmu keguruannya. Jadi saya dan adek saya pas tujuh tahun baru masuk ke MI :-) Terbukti enggak ada masalah sih diantara kami berdua.

    BalasHapus
Kebijakan Berkomentar di Blog Aniskhoir.com
  • Komentar harus sesuai dengan judul artikel.
  • Tidak diperbolehkan untuk mempromosikan barang atau berjualan.
  • Dilarang mencantumkan link aktif di komentar.
  • Komentar dengan link aktif akan otomatis dihapus
  • *Berkomentarlah dengan baik, Kepribadian Anda tercemin saat berkomentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel